SESSION4, SESSION5 & BLACK5

SESSION4, SESSION5 dan BLACK5 di design untuk mampu tahan air sampai kedalaman 10 meter, tanpa menggunakan housing selam, tetapi saran kami janganlah pakai lebih dari 5 meter dan sekali lagi di-ingatkan, garansi tidak berlaku bagi kerusakan karena air.

Jika bermain air adalah aktivitas favorit anda, pilihlah BLACK5 dan gunakan Dive Housing khusus untuk Black5 yang bisa di ganti baru secara berkala.

Semua seal kedap air di SESSION4, SESSION5 dan BLACK5, baik di pintu kartu memori, pintu port USB dan di kedua tombol , ada batas umur pakai maksimal. Akumulasi kotoran akan lambat laun merusak seal. Sinar matahari, klorin dari kolam renang atau kimia lain dan suhu panas juga akan merusak seal. Semua seal berkerja berdasarkan seal di jepit ( compression ) oleh dua permukaan, lambat laun sifat kelenturan dan dimensional seal akan rusak karena pintu-pintu tersebut di buka tutup ratusan kali.

HERO+ LCD

Hero+ LCD , dengan housing permanen yang tidak bisa di ganti, di rancang untuk mampu tahan air sampai kedalaman 40 meter.

Kehausan di seal, berapa sering buka-tutup housing dan tingkat kebersihan serta kehati-hatian penguna menentukan umur kedap air housing ini.

Saran kami adalah, Jika bermain air adalah aktivitas favorit anda, pilihlah Black5 dan gunakan Dive Housing khusus untuk Black5, Black4 dan Silver4 yang bisa di ganti baru secara berkala.

Ketiga seal tombol di housing tidak bisa di ganti. Seal pintu housing masih bisa di ganti dengan seal dari pintu "Skeleton" yang bagian dari perlengkapan kamera ini.

WARRANTY

FAQ SEPUTAR WARRANTY


IndoGP Indonesia hanya memberikan garansi-warranty kepada unit yang di distribusikan oleh GoPro Indonesia melalui authorized dealernya.

Bagi unit yang di beli di luar negeri atau yang bukan di distribusikan oleh IndoGP, hubungilah GoPro.com

http://gopro.com/support/articles/warranty-information

Konsumen akan di minta bukti pembelian oleh GoPro.com dan akan di arahkan ke pusat RMA* jika semua prosedur dan dokumentasi lengkap.
*RMA = Return Merchandise Authorization.


Berhati-hatilah saat belanja di non-authorized dealer GoPro di luar negeri, sebab warranty akan di cabut oleh GoPro USA. Karena GoPro sangat in-demand, ada beberapa negara Amerika Latin yang dari distributor nakalnya melakukan export ke luar negara mereka. Ini adalah pelanggaran dan distributor tersebut sudah di cabut, maka claim warranty akan sulit dari GoPro.com


Perihal kiriman ke dan dari GoPro USA RMA Center, semua akan di bebankan ke customer, termasuk bea masuk di negara masing-masing.



I. BIAYA INSPEKSI & ADMINISTRASI



01. Biaya inspeksi dan pengantian unit adalah gratis untuk unit yang memang rusak* dan masih dalam masa garansi.( *kesalahan manufaktur atau kerusakan prematur komponen )

02.Biaya inspeksi akan di kenakan, jika ternyata unit rusak karena kesalahaan pengunaan, dan Garansi akan dibatalkan.

Contoh kerusakan umum karena salah/kasar pengunaan dan tetap di kirim untuk Klaim Garansi :

Unit kemasukan air dan customer membersihkan unit dan sengaja mencoba-coba melakukan warranty claim.

Unit memakai power supply yang over-voltage sehingga ada komponen yang terbakar.
Power supply bisa berbentuk USB type atau Dummy Battery type atau alat 3rd party yang mencoba mengakses USB port GoPro pin 6 ke 10 yang adalah khusus untuk kabel asli dari GoPro, atau alat 3rd party yang mengakses Expansion Port* belakang di kamera GoPro. ( *yang di pakai untuk interkoneksi ke LCD dan Battery BacPac )

Konsumen memotong kabel Combo GoPro, Video out dan Audio out buatan GoPro untuk mengambil signal video atau audio dengan cara modifikasi kabel dan bukan via koneksi umum RCA jack video/audio out, lalu terjadi koslet. Atau penjeksian power melalui USB connector GoPro dengan kabel rakitan sendiri dan power supply terpisah. Koslet atau over-voltage bisa terjadi dan merusak komponen di motherboard. Konsumen kasar dan salah pakai kabel/konektor, sehingga pin USB di kamera rusak/bengkok atau USB port assembly lepas dari motherboard.

Kamera walaupun pakai housing, lalu jatuh keras. Ini bisa membuat interkoneksi antara komponen pendukung dan motherboard lepas karena G-Force berlebihan.

Biaya Inspeksi untuk 02 adalah :
Rp 400.000 untuk Hero4 series
Rp 300.000 untuk Hero3+ series
Rp 250.000 untuk Hero3 White
Rp 150.000 bagi Battery BacPac, LCD BacPac dan Wifi Remote

03. Biaya Administrasi & Kurir
Jika konsumen mengirim via kurir ( JNE/Tiki ) unit yang sudah garansinya expired, maka unit akan di tolak dan di kirim kembali ke pengirim, dengan ada biaya administrasi dan kurir sebesar Rp 150.000.

04. Jika konsumen mengirim unit relatif baru dan pastinya berkesan masih dalam masa jaminan garansi, lalu beralasan Sales Invoice atau kartu garansi hilang dan ternyata unit bukanlah unit distribusi GP Indonesia dan/atau di beli di luar negeri, maka akan di kenakan biaya administrasi Rp 300.000 dan biaya kurir ( JNE/TIKI ) jika diperlukan dan unit akan di tolak.


A. KHUSUS WIFI SETTING & SERBA SERBI Wifi APPS



Banyak keluhan dan warranty claim seputar WiFi Apps. Konsumen sering lupa password. Atau gagal isi password minimal 8 huruf dan 1 nya adalah numerik**
( **tergantung model dan merek smartphone/tablet) dan gagal ganti password, lalu menyatakan wifi kamera rusak. Kadangkala PREVIEW NOT SUPPORTED karena resolusi terlalu tinggi yang di pilih atau Protune di pilih, lalu claim kamera rusak.

Jika OS sebuah smartphone atau tablet keluar yang terbaru dan lebih baru dari GoPro Apps, ada potensi tidak lagi kompatible 100% atau akan mengalami gangguan. Contoh Apple iPhone 6 dengan iOS 8.x* ( * info per 1 October 2014 , tidak semua fungsi GoPro Wifi Apps bisa berjalan baik ). Kendala seperti ini tidak bisa di bantu oleh Warranty Center. Komplikasi antara Apps lama dengan OS terbaru selalu menjadi kendala teknologi software dan hardware saat ini.



B. KARTU MEMORY YANG BURUK MUTU ATAU TERLALU PELAN



Kadangkala konsumen mengeluh bahwa video gagal merekam durasi panjang, atau sering rekaman terhenti sekian menit. Kamera di kirim untuk klaim garansi, sebab di vonis rusak oleh konsumen tetapi ternyata kartu memory yang di pakai buruk mutu atau terlalu pelan.



C. KOMPUTER YANG TERLALU PELAN ATAU VIDEO PLAYER YANG TIDAK BISA TAYANGKAN RESOLUSI DI ATAS 1080p



Untuk Hero4 series dan khususnya Hero4 Black yang 4K , ataupun setting PROTUNE , komputer harus yang cepat dan performa tinggi. Minimal pakai CPU yang 4-core jika ingin playback halus dan dengan player yang cocok.


Video Player yang handal dan mampu untuk playback semua resolusi adalah VLC dan MPC-HC. http://mpc-hc.org/ http://www.videolan.org/vlc/index.html
Selalu gunakan versi terkini.

Troubleshooting untuk A sampai C akan di kenakan biaya Rp 150.000

WARRANTY

CATATAN : Potensi Kebocoran di Housing

Karena selalu ada potensi kesalahan saat pengunaan, dan kehausan seal (o-ring) akan pasti harus terjadi seiring dengan pengunaan, Garansi terhadap kerusakan kamera yang kena air, tidak berlaku.


SELALU LAKUKAN INI :

Test housing kosong, TANPA KAMERA pada KEDALAMAN yang anda PERLUKAN. Pastikan semua seal (o-ring ) bersih dan bebas kotoran kecil sekalipun. Setelah terbukti housing bebas bocor, gunakan housing dan kamera. Jangan lumasi seal (o-ring) housing. Standard Housing memiliki rating HANYA 40 meter. Gunakan Dive Housing untuk konsumen yang perlu perlindungan lebih baik.


Sekilas untuk informasi, Garansi di Industri Housing Tahan Air :

Di industri housing tahan air untuk kamera, walaupun dari produsen housing ternama dan bahan alumunium yang berharga sangat mahal, tidak ada Garansi untuk kerusakan kamera karena masuk air dari kebocoran housing. Ini memang standard industrinya. Garansi akan berlaku bagi kebocoran housingnya, dengan catatan service berkala tahunan di lakukan di Service Center resmi.

Housing GoPro tidak bisa di service/perbaiki tahunan, ini adalah housing plastik harga rendah dan non-serviceable.


Garansi tahan air hanya ada pada produk yang totally-sealed dari pabrik dimana tidak bisa di buka oleh konsumen, tanpa menggunakan jasa authorized service center dan special-tools. Contoh, jam tangan dengan rating kedalaman tinggi atau komputer/instrumentasi selam.

http://gopro.com/support/articles/warranty-information

Because of possible user resealing error, this product is not warrantied against waterhousing leakage or any resulting damage. Please review and follow the instructions carefully when sealing the waterhousings!


TEST KEBOCORAN HOUSING


Kerusakan kamera karena air atau kebocoran housing, tidak masuk dalam Garansi


Test housing kosong, TANPA KAMERA pada KEDALAMAN yang anda PERLUKAN . Pastikan semua seal (o-ring ) bersih dan bebas kotoran kecil sekalipun. Setelah terbukti housing bebas bocor, gunakan housing dan kamera. Standard Housing memiliki rating HANYA 40 meter. Ingat, cukup 1 butir kecil pasir super halus atau 1 helai rambut, housing akan bocor.

Housing tahan air bukan berarti housing ini akan selalu tahan air jika :

  • Housing di pakai pada kedalaman air melebihi ratingnya.
  • Housing kena tekanan berlebihan. Contoh, kamera di pasang di lambung kapal atau speedboat atau kamera di pasang di pipa dan pipa di turunkan ke air saat kapal sedang bergerak.
  • Housing di bawa lompat dari ketinggian dan terjun ke air. Tekanan seperti ini sangat besar dan bisa membuat mekanisme kunci terlepas, atau keretakan terjadi.
  • Housing di pasang di alat pancing untuk merekam trolling/mancing pada kecepatan, saat tarik umpan.
  • Housing di pasang di ujung pancing dan di tenggelamkan bersama timah pancing
  • Housing di masukan ke dalam cairan korosif atau cairan dengan suhu berlebihan.
  • Housing di pijak atau diduduki secara tidak sengaja. Potensi retak akan terjadi pada kasus seperti ini.
  • Dan hal lain yang di luar norma pengunaan housing tahan air.
Kreativitas pengguna GoPro sangat sulit di prediksi, dan sering kali GoPro digunakan pada keadaan terlalu kasar. Bijaksanalah saat menggunakan housing dan kamera, semua produk ada batasan kemampuan. GoPro adalah The World's Most Versatile Camera, bukan The World's Most Extreme Camera. GoPro di ciptakan untuk semua kalangan supaya bisa mengabadikan momen dalam kehidupannya dengan mudah.

 

DIVE HOUSING

GoPro membuat housing khusus untuk kedalaman 60 meter dan bahan yang 2 kali lebih tebal dari Standard Housing. Ini di sebut Dive Housing. Dive housing juga memiliki mekanisme kunci tambahan. Untuk penyelam atau aplikasi yang perlindungan ekstra di butuhkan, di sarankan menggunakan Dive Housing dan jangan Standard Housing, sebab kedalaman 40 meter sering di lewati oleh penyelam tanpa sengaja.

Standard Housing ( ramping ) - 40 Meter

Dive Housing ( robust ) - 60 meter

WARRANTY

PEMBATALAN GARANSI GOPRO


Untuk Produk 3d Party yang mengakses Interkoneksi proprietary GoPro

Produk yang akan membatalkan Garansi GoPro adalah, produk 3rd Party merek apapun yang bukan dibuat oleh GoPro Inc, dan mencoba mengakses :

01. USB Port GoPro pin 6 ke 10*
*Artinya, selain kabel standard USB 2.0 yang 5 pin, kabel lain yang boleh di pakai hanya kabel khusus berkonektor 5-10 pin dari GoPro untuk akses kanal video atau data analog dari USB port GoPro.

02. Expansion Port belakang milik GoPro
Karena GoPro adalah kamera yang sangat populer dan banyak produsen 3rd Party yang mengandalkan kepopuleran GoPro dalam penjualan produk mereka, maka tidak bisa kami sebutkan semua merek yang ada di pasaran atau yang akan di buat oleh perusahaan lain ke depan.


Expansion Port
Ini adalah interkoneksi proprietary GoPro Digunakan untuk GoPro LCD Touch BacPac, GoPro Battery BacpPac dan GoPro Dual Housing, dengan kabel sinkronisasi 3D milik GoPro.


LCD BacPac

Battery BacPac

Dual housing


Selalu hanya pakai aksesoris kabel atau Premium Accessories asli GoPro, ini menjamin kerusakan tidak bisa terjadi karena salah kabel, salah pin assignment dan lain-lain.


Ini adalah konektor mirip USB Mini - A Khusus dengan 10 pin, dan bukan 5 pin 5 Pin diatas dan 5 Pin dibawah 5 Pin sisi bawah, adalah standard USB.ORG

Standard USB.Org untuk konektor USB 2.0 hanya ada 5 Pin

5 Pin di Mini - A USB 2.0 di posisi bawah jika dilihat di photo GoPro diatas.


Di atas adalah kabel USB dari GoPro untuk data dan charging. Sesuai standard USB.Org, konektor ini adalah hanya 5 Pin.



5 Pin sisi bawah adalah standard USB.Org

GoPro membuat secara khusus konektor berbentuk USB2.0 Mini A di kamera dengan 10 pin, dimana baris pin atas sesuai photo di kanan ini adalah interkoneksi proprietary GoPro. Hanya boleh diakses dengan kabel khusus dari GoPro, yaitu:

01. Combo Cable ANCBL-301, untuk video & audio out dan charging sekaligus

02. 3.5mm Microphone Adapter Cable AMCCC-301

Konektor 10 pin Combo Cable ANCBL - 301 di perbesar


Di diatas adalah kabel dengan konektor khusus mirip USB2.0 Mini-A yang GoPro gunakan di Combo Cable ANCBL-301. Ini kabel berkonektor 10 Pin, dan khusus 5 pin sisi atas sesuai dengan kebutuhan elektrikal dan data video - audio kamera GoPro. Di set kabel ini juga terpasang semiconductor khusus yang akan terbaca oleh kamera untuk mengeluarkan video dan audio signal.



Produk yang akan membatalkan Garansi GoPro


01. DJI Zenmuse Gimbal H3-2D


Sambungan via Expansion Port GoPro
GoPro tidak pernah memberikan izin tertulis
untuk interkoneksi ini kepada DJI

Produk akan membatalkan garansi GoPro
di atas adalah:
02. DJI Zenmuse Gimbal H3-3D

Interkoneksi ini mencoba mengakses 5 pin video dan audio data kamera GoPro dan mengsimulasikan nilai trigger semiconductor yang dipakai GoPro. 5 pin lainnya di pakai untuk menginjeksi daya/ power ke GoPro.

Gambar komponen H3-D3 di perbesar

Konektor ini adalah 10 Pin

Kabel ribbon ini adalah untuk 10 pin

WARRANTY

CARA MERAWAT HOUSING DAN UMUR PAKAI HOUSING


Perbedaan Dive Housing dengan Standard Housing

DIVE HOUSING & STANDARD HOUSING

kiri,bahan polycarbonate Dive Housing lebih tebal 2 kali lipat dari Standard Housing




Dive Housing memiliki mekanisme kunci.
Standard Housing tidak ada kunci.



Standard Housing di buat untuk aplikasi umum dan keringanan adalah prioritas utama.
Dive Housing di buat untuk aplikasi dimana level perlindungan perlu lebih tinggi.

Seal Dive Housing lebih tebal, artinya permukaan seal lebih lebar dan lebih handal.

PERAWATAN HOUSING


Pastikan seal selalu bersih

Periksa seal dengan menarik sedikit, sekitar 20% melar, supaya luka kecil di seal akan nampak.
Jangan salah orientasi saat pasang seal di pintu, sisi mengecil seal adalah sisi ke arah badan housing.
Seal ini jika diperhatikan dengan seksama, sebenarnya agak sedikit berbentuk segitiga.

Pastikan alur seal bebas kotoran dan baret permukaan.
Cukup 1 butir kecil pasir super halus atau rambut terjebak di seal ( o-ring ) atau alur seal, housing akan bocor.

Setelah housing di tutup, periksa sekali lagi bahwa tidak ada kotoran atau rambut terjepit di seal

Setelah housing di pakai, dan khususnya pemakaian di air laut, selalu cuci dan rendam housing dalam air bersih beberapa menit. Endapan garam sering terjadi di tombol, jika air laut di diamkan sampai kering. Endapan garam bisa melukai seal (o-ring ) di tombol. Saat merendam housing, mainkan semua tombol untuk melepas berkas garam. Jika air hangat di gunakan, tidak boleh lebih hangat dari 40 Celcius.

Pengunaan housing di air kolam renang, karena kadar klorin yang pasti 2PPM atau lebih, juga mempercepat kerusakan seal ( o-ring ) dan karat bisa terjadi di tombol yang berbahan stainless steel. Cuci dengan air tawar dengan baik. Perusakan seal ( o-ring ) oleh klorin jauh lebih cepat dari air laut, sebab klorin adalah oxidizer.

6 bulan sekali, bagi pengguna yang cukup sering memakai housing di air, ganti lah seal (o-ring ) pintu.
Seal cadangan bisa di ambil dari pintu skeleton ( skeleton door ). Pastikan seal sehat sempurna.

Semua seal (o-ring) di TOMBOL adalah komponen yang tidak bisa di service/diganti. Bagi pengguna bawah air yang sangat rutin memakai housing , paling lambat 1 tahun sekali, gantilah housing baru dan test housing kosong pada kedalaman yang diperlukan secara berkala. Lakukan lah tekan tombol di kedalaman maksimal sebagai bagian dari test. Kadangkala seal di tombol hanya bocor halus saat tombol di tekan, sebab poros/shaft tombol sudah banyak kehausan seiring dengan pengunaan rutin. Di sarankan, housing untuk menyelam selalu di pakai hanya untuk menyelam, supaya tingkat kebersihan sangat baik dan tingkat kehausan tidak tinggi. Setiap saat buka tutup pintu dilakukan, atau setiap kali tombol housing di tekan, umur seal akan berkurang karena kehausan terjadi sedikit demi sedikit. Kehausan seperti ini tidak bisa di cegah dan adalah bagian dari biaya dan resiko pemilikan housing tahan air.

Bagi yang sering buka pasang pintu housing, simpanlah pintu ( karena seal/o-ring ada di pintu ) dengan baik dan di bungkus supaya bebas kotoran. Saat merakit ulang housing dan pintu, selalu pastikan seal ( o-ring ) dan alurnya tidak ada luka dan tidak ada kotoran sama sekali. Ingat Cukup 1 butir kecil pasir super halus atau 1 helai rambut, housing akan bocor.

SELALU Test Housing tanpa kamera terlebih dahulu, sesuai kedalaman yang anda butuhkan.

DIVE HOUSING

GoPro membuat housing khusus untuk kedalaman 60 meter dan bahan yang 2 kali lebih tebal dari Standard Housing. Ini di sebut Dive Housing. Dive housing juga memiliki mekanisme kunci tambahan. Untuk penyelam atau aplikasi yang perlindungan ekstra di butuhkan, di sarankan menggunakan Dive Housing dan jangan Standard Housing, sebab kedalaman 40 meter sering di lewati oleh penyelam tanpa sengaja.

FOR MORE INFO

P.T D.S, DIVISI GoPro ( IndoGP.com )
Sastra Graha. 3rd Floor. Jl Raya Pejuangan No. 21, Jakarta 11530, Indonesia
Tel : +62-21-25675300 email : sales@indogp.com


GOPRO WARRANTY CENTER
Sastra Graha 1st Floor Suite 104. Jl Raya Pejuangan No. 21, Jakarta 11530, Indonesia
Tel : +62-21-533 1634 Fax : +62-21-536 4804 email :warranty@gp-warranty.com